Tuesday, October 6, 2020

Rekam Jejak Pembatik Level 4. (Part III A) Tugas :Modul 13. Artikel Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dalam Pembelajaran

 

SUMBER BELAJAR MEMBANGUN STRATEGI  SUKSES  DALAM

KELAS  MELALUI MODEL PROJECT BASED LAEARNING SELAMA PJJ

 

Sumber Belajar adalah salah satu fitur utama portal rumah belajar.  Dapat diakses melalui https: //belajar.kemdikbud.go.id.  Fitur ini terdiri dari konten yang sangat beragam dan lengkap mulai dari jenjang Paud, Pendidikan Dasar dan Menengah, serta SLB. Juga tersedia untuk semua mata pelajaran. Fitur ini Menyajikan kumpulan materi bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum yang digunakan. Dibuat secara terstruktur dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, sampai permainan.

 Sumber belajar dapat digunakan tanpa harus terhubung dengan akses internet, dengan cara mengunduh bahan belajar terlebih dahulu. Bahan Belajar yang disebut juga konten, dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam memenuhi bahan belajarnya. Salah satu keunggulan sumber belajar dapat dipelajari oleh siswa secara mandiri, yaitu memberi kemudahan dan kelengkapan materi   pembelajaran sehingga siswa dapat menggunakan untuk belajar mandiri tanpa bimbingan oranlain.

Langkah-langkah yang penulis lakukan sebelum memanfaatkan fitur sumber belajar,  (konten atau materi sumber belajar) adalah   melakukan asesmen profil orang tua dan murid, dari hasil asesmen dilanjutkan merancang RPP, kemudian melakukan  analisis  materi dan model pembelajaran. Model yang penulis pilih adalah Proyek Based Learning (PjBL) terdiri dari enam sintak. Pemilihan  model ini dikarenakan selain sesuai dengan materi juga sesuai kondisi pembelajaran saat ini yaitu pembelajaran jarak jauh.

Langkah selanjutnya memanfaatkan sumber belajar dengan mencari konten yang sesuai dengan materi yaitu sumber energi  fokus kepada cara menghemat energy.  Dengan menerapkan model Proyek Based Learning (PjBL) akan membangun kolaborasi antara guru, orangtua siswa, dan siswa.  Aktivitas pembelajaran baik di WAG kelas dan di luar  kelas akan meningkatkan kebersamaan atau gotong royong untuk saling menguatkan dan memberdayakan, melatih keterampilan, dan kemampuan kemandirian .

Aktivitas pembelajaran berlangsung melalui WAG kelas. Materi, Video, dan PPT dengan materi sumber daya alam dan hemat energy sebelumnya telah terlebih dahulu penulis download, agar memudahkan orangtua murid, membimbing, mengawasi dan bekerjasama selama pembelajaran dan pelaksanaan proyek berlangsung. Penyelesaian proyek, akan dipantau oleh guru, dengan terlibat dalam desain, menyusun jadwal. mentoring, menguji hasil  hingga evaluasi.

Penggunaan sumber belajar sebagai bahan pembelajaran sangat mendukung keberhasilan model Projek bases learning. Selain materinya disajikan secara terstruktur  siswa  bisa lebih memperdalam dan memperkaya wawasannya, memahami pelajaran juga akan lebih mudah. Siswa terlihat lebih  aktif , bersemangat dalam  proses  pembelajaran.  Hal ini berdampak positif terhadap kemampuan guru dalam menyampaikan materi pelajaran berbasis web dan model yang lebih bervariasi.  

Penilaian yang penulis lakukan menerapkan penilaian proses, dan penilaian akhir. Mulai  dari perencanaan,  pelaksanaan dan mentoring hingga hasil akhir proyek, Tugas atau hasil disajikan dalam bentuk poster cara menerapkan hemat energy. Dengan memanfaatkan sumber belajar kemampuan siswa  dan hasil belajar siswa meningkat terlihat dari hasil asesmen formatif  yang dilakukan.

Dengan demikian  pemanfaatan Portal Rumah Belajar, terutama fitur sumber belajar sebagai salah satu sumber belajar diharapkan dapat berperan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

#PusdatinKemdikbud

#PortalRumahBelajar

#SahabatRumahBelajar2020

#RumahBelajar2020

#RadioEdukasi

#GuruPenggerak

#GuruBerbagi

 

JURUS JITU LULUS ASESMEN NASIONAL

Obrolan Merdeka Belajar. 3 November 2020. Bagaimana Seharusnya Guru dan Kepala Sekolah Menyikapi AN? Banyak pelajaran yang saya dapatkan k...