RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Pembuat RPP : Lenayanti Br. P. ST, M.PdSatuan Pendidikan : SLB Negeri Banda Ac
Alamat Email Pembuat RPP : lenapulungan@gmail.com
Kelas/ Semester : V/Ganjil
Ketunaan : Tunadaksa
Topik
:
Sumber Daya Alam
Media Media/Alat : WAG, HP, Laptop
Metode Pembelajaran : Daring, (ZOOM),
diskusi.
Sumber Belajar : Rumah belajar (Fitur Sumber Belajar (video,
audia edukasi) , PPT Buku Bupena.
Alokasi Waktu : 1 Hari
Penilaian
: 1.
Keaktifan partisipasi murid/
orangtua.
2. Refleksi orangtua dan murid atas pengetahuan yang diperoleh
Tujuan Pembelajaran : Melalui
video pembelajaran peserta didik,
mampu mengelompokkan manfaat
Sumber Daya
Alam, berdasarkan
asalnya, dan memahami cara pelestarian SDA dengan benar
Model pembelajaran : Model Ingiury
KOMPETENSI
DASAR
Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) |
3.8. Memahami
pentingnya upaya keseimbangan
dan
pelestarian sumber daya
alam di
lingkungannya |
4.8. Melakukan kegiatan
upaya pelestarian
sumber daya alam bersama
orang-orang di
lingkungannya. |
AKTIVITAS PEMBELAJARAN
No |
Kegiatan |
Tahapan |
Deskripsi Kegiatan |
1 |
Pendahuluan |
GURU: Sebelum
melaksanakan pembelajaran VICON. Membuka percakapan
di dalam grup WAG kelas, mengingatkankan jadwal VICON, memastikan orangtua dan murid telah paham
penggunaan aplikasi ZOOM, dan aturan-aturan yang telah disepakati.
Membuka Kelas Kelas dibuka dengan salam, berdoa, menanyakan
kabar dan mengecek kehadiran siswa. (melakukan VICON
dengan
menggunakan aplikasi Zoom).
ORANG TUA: Menyimak dan
mengkondisikan
Ananda agar dapat
nyaman belajar di
rumah. Memantau WAG dan zoom; mengisi list daftar hadir; aktif dalam kelas dengan
selalu
berkomentar/ memberikan emoticon. |
BELAJAR DI
RUMAH Apa kabar semuanya? Semoga
Bunda/Ayah, dan Ananda dan keluarga kita semuanya dalam kondisi sehat.
Terima kasih untuk
Bunda/Ayah, dan Ananda
yang sudah hadir tepat waktu.
Ingatkan kembali Ananda,
masa ini
bukan
masa libur.
Karenanya mohon kerja sama
Bunda/Ayah
untuk meluangkan waktu
dan mengkondisikan agar
Ananda dapat belajar dengan baik
di rumah. Assalamualaikum! Apakah Ananda
semua sudah siap di
samping Bunda/Ayah?
Kalau ada yang belum paham, jangan
ragu
untuk bertanya,
ya! |
|
|
GURU: Mengingatkan kembali aturan kelas dengan menggunakan zoom |
1. Ketika guru sedang menjelaskan
pelajaran, dan memutar video, audio harap mematikan audio dan menghidupkan
video/kamera 2. Perlu diingat pula,
dalam proses belajarnya, Bunda/Ayah hanya
menemani, mengawasi dan memberikan
pertanyaan pancingan.
Biarkan Ananda menemukan jawabannya
sendiri! 3. Setelah
pembelajaran ini berakhir, kita akan
melakukan refleksi
dalam kelas bersama. Refleksi bukan mengenai sejauh apa
perkembangan anak,
namun mengenai apa hal
yang menyenangkan dan hal yang
menyulitkan yang Bunda/ Ayah
rasakan selama pembelajaran
menggunakan Zoom. Bunda/ Ayah juga bisa menyampaikan
apa yang bisa
Bunda/ Ayah
perbaiki dalam
pembelajaran berikutnya. 4. Cara belajar seperti ini masih
baru, sehingga mungkin
banyak dari kita
yang perlu penyesuaian. Bunda/Ayah dapat bertanya bila
kurang jelas |
|
|
|
Mari kita
mulai! Apakah
anak-anak sudah siap? Untuk itu kita
membaca
Basmallah, dilanjutkan dengan
doa kedua orang tua, dan
doa Belajar. |
|
Kegiatan Inti |
GURU: Memulai kelas ketika orangtua dan murid sudah siap.
|
Hari ini kita akan
mendiskusikan
tentang Sumber
Daya Alam (SDA) dari video dan audio
yang telah ibu kirimkan sebelumnya pada WAG Kelas |
|
ASK (Menanyakan/ Membuat
Pertanyaan) |
|
Untuk itu ibu ingin bertanya
terlebih dahulu apa yang kalian ketahui tentang sumber daya alam? Silahkan menjawab dengan mengacungkan tangan atau melalui menuliskan melalui chat |
|
Investigasi
(Melakukan Investigasi) |
Menggunakan
Fitur Sumber Belajar ORANG TUA. Mendampingi Ananda, dan mempersiapkan alat tulis. |
Baik anak-anak, sekarang Ibu akan putarkan Video
pembelajaran hari ini dan dilanjutkan mendengarkan audio tentang sumber daya alam. Yang
sebelumnya telah ibu kirimkan juga ke WAG Kelas. Silahkan
memperhatikan Videonya, dan mendengarkan Audio, dengan seksama. Catatlah
point-point yang kalian anggap penting. Adakah yang
ingin kalian tanyakan terkait video dan audio yang telah kalian lihat dan
dengarkan? Berdasarkan keberadaannya
SDA terdiri dari 2 jenis yaitu 1. SDA yang
dapat diperbaharui 2. SDA yang tidak dapat diperbaharui Apakah kalian dapat menjelaskan dan memberikan contoh keduanya? Silahkan memberikan jawaban dengan mengacungkan tangan atau menuliskan di dalam chat |
|
DISCUSS
(Berdiskusi) |
GURU Membimbing
murid melakukan diskusi tentang hasil investigasi yang telah dilakukan
melalui pemutaran video dan mendengarkan audio ORANGTUA Mendampingi
membimbing Ananda,ketika melakukan diskusi, memberikan tanggapan, dan jawaban |
Guru membuka diskusi, dengan memberikan pertanyaan pancingan, yaitu: Bagaimana pendapat kalian tentang
manfaat sumber daya alam yang dapat
diperbaharui, dan berikan contohnya. Selanjutnya murid berdiskusi, guru berperan sebagai fasilitator |
|
Kegiatan
Penutup REFLEKSI
(Melakukan Refleksi) |
Guru Bersama
murid menemukan simpulan tentang materi SDA berdasarkan hasil diskusi yang
telah dilakukan |
Anak-anak, kita sampai di penghujung pembelajaran hari ini. Silahkan
yang ingin menyampaikan kesimpulan materi tentang SDA, boleh mengacungkan
tangan, atau menuliskan di Chat Terimakasih Anak-anak. Kita akan menyimpulkan bersama materi hari ini
tentang SDA . Mari menjaga bumi kita agar kita dan generasi selanjutnya dapat
menikmati dan menggunakannya untuk kelangsungan kehidupan kini dan nanti. |
|
|
|
Sebagai penutup, Ibu
minta Ananda,
Bunda/Ayah untuk
menjawab beberapa
pertanyaan berikut. 1. Hal penting apa yang kamu dapatkan tentang belajar materi SDA, dengan menggunakan aplikasi Zoom? 2. Bagaimana rasanya
belajar di rumah dengan aplikasi zoom dengan dampingan
orang tua?
Hal apa yang paling berkesan selama belajar di rumah? 3. Adakah hal
lain yang ingin dipelajari? |
|
|
|
Baiklah... Alhamdulillah Selesai sudah
pembelajaran kita
hari
ini. Informasi yang kita pelajari di sini hanya sedikit dari banyak fakta
yang perlu kita
pahami tentang
sumber daya alam tentu banyak hal yang bisa
kita lakukan di
luar sana. Untuk
itu, jangan berhenti mencari
informasi dari sumber yang terpercaya,
ya! Terima kasih Bunda/ Ayah sudah bergabung di kelas ini. Dan
telah
membantu saya membimbing anak kita di
rumah. |
|
|
|
Kita akan
bertemu pada kelas selanjutnya. Jaga
kesehatan dan pakailah
masker jika keluar rumah. Baiklah mari kita akhiri
pelajaran dengan berdoa, membaca Alhamdulillah, dan
doa selesai belajar. Amin |
Mengetahui Banda Aceh, Oktober 2020
Drs.
Muhammad Lenayanti, Br.P, ST, M.Pd
NIP.196201031983031006 NIP.197212202007012012
Lampiran : PERANGKAT PENILAIAN
A. PENILAIAN SIKAP: Keaktifan partisipasi murid/ orangtua.
Teknik : Observasi
Instrumen : format
penilaian
No |
Tanggal |
Nama siswa |
Catatan perilaku |
Butir sikap |
Tindak lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Penilaian Pengetahuan
Siswa
secara mandiri menjawab pertanyaan berdasarkan peta pikiran berikut ini.
C. PENILAIAN KETERAMPILAN
LEMBAR OBSERVASI UNTUK DISKUSI
NO |
NAMA |
ASPEK YANG DINILAI |
Skor |
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
yang dinilai :
1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan memberikan argumentasi
3. Kemampuan memberikan kritik.
4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6. Kelancaran berbicara.
Penskoran : Jumlah skor :
A.
Tidak Baik Skor 1 24 – 30 = Sangat Baik ( 85 – 100)
B.
Kurang Baik Skor 2 18 – 23 = Baik ( 70 – 84 )
C. Cukup Baik Skor 3 12
- 17 = Cukup (60 - 69 )
D. Baik Skor
4 6
- 11 = Kurang ( > =59
)
E. Sangat Baik Skor 5
No comments:
Post a Comment