Sunday, October 18, 2020

Rekam Jejak PembaTIK Level 4. (Part III C2). Tugas: Modul 16

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) 

Nama Pembuat RPP                         : Lenayanti Br. P. ST, M.PdSatuan Pendidikan                                         :  SLB Negeri Banda Ac

Alamat Email Pembuat RPP           :  lenapulungan@gmail.com

Kelas/ Semester                                  : V/Ganjil

Ketunaan                                           : Tunadaksa

Topik                                                  : Sumber Daya Alam

Media Media/Alat                        : WAG, HP, Laptop

Metode Pembelajaran                       : Daring, (ZOOM), diskusi.

Sumber Belajar                                : Rumah belajar (Fitur Sumber Belajar (video,

                                                              audia edukasi) , PPT  Buku Bupena.

Alokasi Waktu                   : 1 Hari

Penilaian                                            :  1. Keaktifan partisipasi murid/ orangtua.

                                                               2. Refleksi orangtua dan murid atas pengetahuan     yang diperoleh                                                             

Tujuan Pembelajaran                     :   Melalui video pembelajaran peserta didik,

                                                             mampu mengelompokkan manfaat Sumber Daya

                                                    Alam, berdasarkan asalnya, dan memahami cara pelestarian SDA dengan benar

                                                               

Model pembelajaran                                : Model Ingiury 

KOMPETENSI DASAR

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

3.8. Memahami   pentingnya   upaya   keseimbangan   dan   pelestarian   sumber   daya   alam   di  lingkungannya

 

4.8. Melakukan   kegiatan   upaya   pelestarian   sumber   daya   alam   bersama   orang-orang   di  lingkungannya.

 

 

AKTIVITAS PEMBELAJARAN

No

Kegiatan

Tahapan

Deskripsi Kegiatan

1

Pendahuluan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

GURU:

      Sebelum melaksanakan pembelajaran  VICON.

       Membuka percakapan di  dalam grup WAG kelas, mengingatkankan  jadwal VICON,  memastikan orangtua dan murid telah paham penggunaan aplikasi ZOOM, dan aturan-aturan yang telah disepakati.

 

 

 

      Membuka Kelas

     Kelas dibuka dengan salam, berdoa, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa. (melakukan VICON  dengan menggunakan aplikasi Zoom).

ORANG TUA:

Menyimak dan mengkondisikan Ananda agar dapat nyaman belajar di rumah. Memantau WAG dan zoom; mengisi list daftar hadir; aktif dalam kelas dengan selalu berkomentar/ memberikan emoticon.

BELAJAR DI RUMAH

 

Apa kabar semuanya?    Semoga Bunda/Ayah,   dan Ananda dan keluarga kita semuanya dalam kondisi sehat. Terima kasih untuk Bunda/Ayah,  dan Ananda   yang   sudah   hadir   tepat waktu. Ingatkan kembali Ananda, masa  ini  bukan  masa  libur. Karenanya mohon kerja sama Bunda/Ayah  untuk  meluangkan waktu dan mengkondisikan agar Ananda dapat belajar dengan baik di rumah.

 

  Assalamualaikum!

Apakah Ananda semua sudah siap di samping Bunda/Ayah? Kalau ada yang belum paham, jangan ragu untuk bertanya, ya!

 

 

GURU:

Mengingatkan kembali aturan kelas dengan menggunakan zoom

 

1.    Ketika guru sedang menjelaskan pelajaran, dan memutar video, audio harap mematikan audio dan menghidupkan video/kamera

2.    Perlu diingat pula, dalam proses belajarnya, Bunda/Ayah hanya menemani, mengawasi dan memberikan pertanyaan pancingan.  Biarkan Ananda menemukan jawabannya sendiri!

3.    Setelah pembelajaran ini berakhir, kita akan melakukan refleksi dalam kelas bersama. Refleksi bukan mengenai sejauh apa perkembangan anak, namun mengenai apa hal yang menyenangkan dan hal yang menyulitkan yang Bunda/ Ayah rasakan selama pembelajaran menggunakan Zoom.  Bunda/ Ayah juga bisa menyampaikan apa yang bisa Bunda/ Ayah perbaiki dalam pembelajaran berikutnya.

4.    Cara belajar seperti ini masih baru, sehingga mungkin banyak dari kita yang perlu penyesuaian. Bunda/Ayah dapat bertanya bila kurang jelas

 

 

 

Mari kita mulai! Apakah anak-anak sudah siap? Untuk itu kita membaca Basmallah, dilanjutkan dengan doa kedua orang tua, dan doa Belajar.

 

Kegiatan Inti

 

 

GURU:

Memulai kelas ketika orangtua dan murid sudah siap.

Hari ini kita akan mendiskusikan tentang Sumber Daya Alam (SDA) dari video  dan audio yang telah ibu kirimkan sebelumnya pada WAG Kelas

 

ASK (Menanyakan/

Membuat Pertanyaan)

 

 

 

Untuk itu ibu ingin bertanya terlebih dahulu apa yang kalian ketahui tentang sumber daya alam?

Silahkan menjawab dengan mengacungkan tangan atau melalui menuliskan melalui chat

 

 Investigasi (Melakukan Investigasi)

Menggunakan Fitur Sumber Belajar

 

 

 

ORANG TUA.

Mendampingi Ananda, dan mempersiapkan alat tulis.

Baik  anak-anak, sekarang Ibu akan putarkan Video pembelajaran hari ini dan dilanjutkan mendengarkan  audio tentang sumber daya alam. Yang sebelumnya telah ibu kirimkan juga ke WAG Kelas.

 

Silahkan memperhatikan Videonya, dan mendengarkan Audio, dengan seksama.

Catatlah point-point yang kalian anggap penting.

 

Adakah yang ingin kalian tanyakan terkait video dan audio yang telah kalian lihat dan dengarkan?

 

Berdasarkan keberadaannya SDA terdiri dari 2 jenis yaitu

1. SDA yang dapat diperbaharui

2. SDA yang tidak dapat diperbaharui

Apakah kalian dapat menjelaskan dan memberikan contoh keduanya?

Silahkan memberikan jawaban dengan mengacungkan tangan atau menuliskan di dalam chat

 

 

DISCUSS (Berdiskusi)

   GURU

Membimbing murid melakukan diskusi tentang hasil investigasi yang telah dilakukan melalui pemutaran video dan mendengarkan audio

   ORANGTUA

Mendampingi membimbing Ananda,ketika melakukan diskusi, memberikan tanggapan, dan jawaban

 

Guru membuka diskusi, dengan memberikan pertanyaan pancingan, yaitu:

Bagaimana pendapat kalian tentang  manfaat sumber daya alam yang dapat  diperbaharui, dan berikan contohnya.

 

Selanjutnya murid berdiskusi, guru berperan sebagai fasilitator

 

Kegiatan Penutup

REFLEKSI (Melakukan Refleksi)

 

    Guru

Bersama murid menemukan simpulan tentang materi SDA berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan

 

Anak-anak, kita sampai di penghujung pembelajaran hari ini. Silahkan yang ingin menyampaikan kesimpulan materi tentang SDA, boleh mengacungkan tangan, atau menuliskan di Chat

Terimakasih Anak-anak. Kita akan menyimpulkan bersama materi hari ini tentang SDA .

Mari menjaga bumi kita agar kita dan generasi selanjutnya dapat menikmati dan menggunakannya untuk kelangsungan kehidupan  kini dan nanti.

 

 

 

 

Sebagai penutup, Ibu minta Ananda, Bunda/Ayah  untuk menjawab beberapa pertanyaan berikut.

1.  Hal penting apa yang kamu dapatkan tentang  belajar materi SDA, dengan menggunakan  aplikasi Zoom?

2.  Bagaimana rasanya  belajar di rumah dengan aplikasi zoom dengan dampingan orang

tua? Hal apa yang paling

berkesan selama belajar di rumah?

3.  Adakah hal lain yang ingin

      dipelajari?

 

 

 

 

Baiklah...

Alhamdulillah

Selesai sudah pembelajaran kita hari ini. Informasi yang kita pelajari di sini hanya sedikit dari banyak fakta yang perlu kita pahami tentang sumber daya alam tentu banyak hal yang bisa kita lakukan di luar sana. Untuk itu, jangan berhenti mencari informasi dari sumber yang terpercaya, ya!

Terima kasih Bunda/ Ayah  sudah bergabung di kelas ini. Dan telah membantu saya  membimbing anak kita di rumah.

 

 

 

Kita akan bertemu  pada kelas selanjutnya.  Jaga kesehatan dan pakailah masker jika keluar rumah.

Baiklah  mari kita akhiri pelajaran  dengan berdoa, membaca Alhamdulillah, dan doa selesai belajar. Amin

Mengetahui                                                                                      Banda Aceh,   Oktober 2020

 

Drs. Muhammad                                                                             Lenayanti, Br.P, ST, M.Pd

NIP.196201031983031006                                                              NIP.197212202007012012

Lampiran : PERANGKAT PENILAIAN

A.  PENILAIAN SIKAP: Keaktifan partisipasi murid/ orangtua.

      Teknik : Observasi

Instrumen : format penilaian

No

Tanggal

Nama siswa

Catatan perilaku

Butir sikap

Tindak lanjut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B. Penilaian Pengetahuan

            Siswa secara mandiri menjawab pertanyaan berdasarkan peta pikiran berikut ini.

 

C. PENILAIAN KETERAMPILAN

LEMBAR OBSERVASI UNTUK DISKUSI

NO

NAMA

ASPEK YANG DINILAI

Skor

1

2

3

4

5

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aspek yang dinilai :

1. Kemampuan menyampaikan pendapat.

2. Kemampuan memberikan argumentasi

3. Kemampuan memberikan kritik.

4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.

5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.

6. Kelancaran berbicara.

 

Penskoran :                                                           Jumlah skor :

A. Tidak Baik         Skor 1                          24 – 30 = Sangat Baik  ( 85 – 100)

B. Kurang Baik      Skor 2                          18 – 23 = Baik              ( 70 – 84 )

C. Cukup Baik        Skor 3                          12 - 17 = Cukup          (60 -  69 )

D. Baik                   Skor 4                          6  -  11 = Kurang          (  > =59   )    

E. Sangat Baik        Skor 5

 Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

#PusdatinKemdikbud

 

 

No comments:

JURUS JITU LULUS ASESMEN NASIONAL

Obrolan Merdeka Belajar. 3 November 2020. Bagaimana Seharusnya Guru dan Kepala Sekolah Menyikapi AN? Banyak pelajaran yang saya dapatkan k...