Sunday, October 18, 2020

Rekam Jejak PembaTIK Level 4. (Part III C1). Tugas: Modul 16

PENGALAMAN MENGGUNAKAN KONFERENSI VIDEO

Pengalaman saya menggunakan konferensi video pertama kali adalah ketika mengikuti Bimtek IPA, bersama P4TK IPA Bandung. Saat itu saya merasa sangat canggung menggunakan Webek Meeting, bagaimana bersikap di dalam room, bagaimana  mengaktifkan dan mematikan audia, dan video. Karena ketidakpercayaan diri saya meminta bantuan suami mendampingi saya.

Setelah pengalaman pertama tersebut saya banyak mengikuti Webinar dari Kementerian, PembaTIK, dan P4TK PLB, hingga kini menjadi peserta konferensi lewat video, bukan hal yang menakutkan lagi bagi saya.

Menjadi Sahabat Rumah Belajar (SRB) Berbagi mengharuskan saya menjadi narasumber atau presenter. Hingga saya membuat tulisan ini pengalaman menjadi narasumber sebanyak empat kali pada kegiatan Webinar, Berbagi pengalaman inovasi pembelajaran dengan memanfaatkan portal rumah belajar.  Pengalaman menjadi narasumber tentu jauh berbeda ketika menjadi peserta. Selain mempersiapkan bahan atau materi, saya juga belajar bersikap yang baik dan belajar menjawab sapaan moderator hingga diberikan kesempatan untuk memberikan pemaparan materi. Saya juga belajar bagimana cara menampilkan materi, dan menyesuaikan paparan dengan waktu yang diberikan. Belajar mengedepankan etika berkomunikasi ketika menjawab pertanyaan peserta, menjadi hal yang baru bagi saya.

Bersama teman-teman SRB saya belajar banyak ketika melakukan konferensi video. Baik mengetahui tugas sebagai host, maupun moderator. Pengalaman menjadi Sahabat Rumah Belajar (SRB) sangat luar biasa. Saya merasa bersyukur dan beruntung berada di Level 4 Berbagi ini, karena banyak pengetahuan baru yang saya dapatkan. Terutama peningkatan kemampuan Menerapkan Video Konference . Terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusdatin, yang telah memberikan kesempatan kepada para guru mengikuti Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK).

Rencana dan Harapan Penggunaan Video Konference

Menjadi guru dengan kecakapan abad 21, dan belajar dari kondisi darurat saat ini, maka saya akan bertekat terus meningkatkan kemampuan TIK. Dalam proses pembelajaran di kelas baik tatap muka dan tatap maya akan memanfaatkan TIK. Dan menggunakan VICON. Pada pertemuan pertemuan di KKG saya juga akan menggunakan atau mengupayakan menggunakan VICON, dan memberikan bantuan kepada teman-teman guru yang masih belum paham dalam menggunakan beberapa aplikasi yang bisa digunakan melakukan pembelajaran dan diskusi dengan VICON.

Merdeka Belajarnay, Rumah Belajar Portalnua, Maju Indonesia
#PusdatinKemdikbud
#RumahBelajar2020
#SahabatRumaHBelajar2020
#RadioEdukasi2020
#GuruPenggerak2020
#GuruBerbagi2020

No comments:

JURUS JITU LULUS ASESMEN NASIONAL

Obrolan Merdeka Belajar. 3 November 2020. Bagaimana Seharusnya Guru dan Kepala Sekolah Menyikapi AN? Banyak pelajaran yang saya dapatkan k...