Monday, October 19, 2020

Rekam Jejak PembaTIK Level 4 (Part VA). Tatap Muka 5

 

BERSAMA GURU SLB NEGERI PEMBINA PROVINSI ACEH

Kesempatan berbagi kali ini berbeda dengan di beberapa sekolah sebelumnya. Pada SLB Negeri Pembina Provinsi Aceh, terdapat anak tunarungu pada tingkat SDLB, SMPLB, dan SMALB, dengan kemampuan akademik yang baik.  Adapun materi yang saya berikan adalah; Memperkenalkan Portal Rumah Belajar.   Bersama para guru yang mengajar di kelas tunarungu, dan tiga orang murid perwakilan ketiga tingkatan yaitu SDLB, SMPLB, dan SMALB. Selain itu orang tua mereka juga saya undang untuk mendengarkan, sehingga mereka dapat mengawasi, dan membimbing anaknya ketika mengerjakan tugas melalui pemanfaatan Rumah Belajar.

Langkah pertama memberikan penjelasan kepada para guru dan orangtua, materi mengenalkan Portal Rumah Belajar, dan fitur-fiturnya, kemudian para guru membuka akun simpatik. Pada kesempatan ini orangtua hanya menyimak. Langkah kedua bersama para murid mengenalkan Portal Rumah Belajar dan fitur-fiturnya, kemudian membuka akun simpatik. Mereka duduk berkelompok sesuai dengan wali kelas masing-masing, agar mudah membimbing.

Pengalaman bersama murid dan orangtua, sangat membahagiakan. Murid tunarungu sangat mahir menggunakan HP, mereka berkomunikasi dengan teman-temannya  menggunakan video call. Meskipun pada awalnya mereka kesulitan mengingat email dan username, tetapi berkat bimbingan  guru, mereka mampu mengingatnya. Setelah murid berhasil membuat akun, mereka pun mulai dibimbing untuk membuka fitur utama satu persatu. Terlihat jelas wajah bahagia, ketika mereka berhasil masuk ke salah satu fitur yaitu Buku Sekolah  Elektronik, dengan mencari materi yang diberikan oleh guru mereka.

Pada kesempatan ini peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi berjumlah 11 orang.

Terimakasih saya ucapkan kepada Ibu Mariah M.Yunus, Kepala Sekolah SLB Negeri Pembina Provinsi Aceh, yang telah mengizinkan saya Berbagi.



Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

#PusdatinKemdikbud

#PortalRumahBelajar

#RumahBelajar

#SahabatRumahBelajar2020

#radioEdukasi

#GuruPenggerak2020

#GuruBerbagi2020

No comments:

JURUS JITU LULUS ASESMEN NASIONAL

Obrolan Merdeka Belajar. 3 November 2020. Bagaimana Seharusnya Guru dan Kepala Sekolah Menyikapi AN? Banyak pelajaran yang saya dapatkan k...