BERSAMA GURU SLB NEGERI PEMBINA PROVINSI ACEH
Kesempatan
berbagi kali ini berbeda dengan di beberapa sekolah sebelumnya. Pada SLB Negeri
Pembina Provinsi Aceh, terdapat anak tunarungu pada tingkat
SDLB, SMPLB, dan SMALB, dengan kemampuan akademik yang baik. Adapun materi yang saya berikan adalah; Memperkenalkan Portal Rumah Belajar. Bersama para guru
yang mengajar di kelas tunarungu, dan tiga orang murid perwakilan ketiga
tingkatan yaitu SDLB, SMPLB, dan SMALB. Selain itu orang tua mereka juga saya
undang untuk mendengarkan, sehingga mereka dapat mengawasi, dan membimbing anaknya
ketika mengerjakan tugas melalui pemanfaatan Rumah Belajar.
Langkah
pertama memberikan penjelasan kepada para guru dan orangtua, materi
mengenalkan Portal Rumah Belajar, dan fitur-fiturnya, kemudian para guru
membuka akun simpatik. Pada kesempatan ini orangtua hanya menyimak. Langkah kedua
bersama para murid mengenalkan Portal Rumah Belajar dan fitur-fiturnya,
kemudian membuka akun simpatik. Mereka duduk berkelompok sesuai dengan wali
kelas masing-masing, agar mudah membimbing.
Pengalaman
bersama murid dan orangtua, sangat membahagiakan. Murid tunarungu sangat mahir
menggunakan HP, mereka berkomunikasi dengan teman-temannya menggunakan
video call. Meskipun pada awalnya mereka kesulitan mengingat email dan
username, tetapi berkat bimbingan guru, mereka mampu mengingatnya. Setelah
murid berhasil membuat akun, mereka pun mulai dibimbing untuk membuka fitur
utama satu persatu. Terlihat jelas wajah bahagia, ketika mereka berhasil masuk
ke salah satu fitur yaitu Buku Sekolah Elektronik, dengan mencari materi yang
diberikan oleh guru mereka.
Pada
kesempatan ini peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi berjumlah 11 orang.
Terimakasih
saya ucapkan kepada Ibu Mariah M.Yunus, Kepala Sekolah SLB Negeri Pembina Provinsi
Aceh, yang telah mengizinkan saya Berbagi.
Merdeka
Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia
#PusdatinKemdikbud
#PortalRumahBelajar
#RumahBelajar
#SahabatRumahBelajar2020
#radioEdukasi
#GuruPenggerak2020
#GuruBerbagi2020
No comments:
Post a Comment