Monday, October 19, 2020

Rekam Jejak PembaTIK Level 4 (Part VA). Tatap Muka 6

 

BERSAMA GUGUS 35 SD NEGERI LAMREUNG ACEH BESAR





Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara kolaborasi bersama para SRB Amalia S.Pd dari Aceh Besar dan dan SRB Chairuni dari Banda Aceh. Kesempatan pertama oleh Ibu Seri Amalia S.Pd, beliau menyampaikan bagaimana melaksanakan pembelajaran dengan model flipped classroom di kelas maya. Flipped Classroom adalah salah satu model pembelajaran yang cocok dipakai selama peserta didik belajar dari rumah.

Selanjutnya melalui fasilitas share screen,  Ibu Seri Amalia mensimulasikan bagaimana pemanfaatan  fitur edugame. Fitur edugame adalah fasilitas yang menyediakan beragam game interaktif yang dapat dimanfaatkan secara mandiri maupun bimbingan guru dan orang tua. Game-game dirancang untuk memahami konsep dasar materi yang disajikan guru dan sangat mudah untuk dimainkan peserta didik sambil belajar tentunya.

Pada sesi kedua, Ibu Chairuni memaparkan pemanfaatan fitur peta budaya dan laboratorium maya, dalam pemaparannya Ibu Chairuni memadukan pemanfaatan fitur peta budaya dengan Puzzle Jigsaw

Sesi ketiga yaitu giliran saya, dengan pemaparan materi pemanfaatan sumber belajar dan radio edukasi. Sumber belajar merupakan fitur utama rumah belajar, terdiri dari konten video, audio, dan web. Terdiri dari jenjang SD, SMP, SMA, SLB.

Pemanfaatan Radio Edukasi ditujukan kepada Guru yang mengajar pada siswa Tunanetra dan Siswa Tunanetra. Pada radio edukasi guru tunanetra dan siswa tunanetra, bisa akses secara mandiri., sehingga memudahkan mereka untuk menggali lebih dalam materi yang dibutuhkan.



Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

#PusdatinKemdikbud

#PortalRumahBelajar

#RumahBelajar2020

#SahabatRumahBelajar2020

#RadioEdukasi

#GuruPengerak2020

#GuruBerbagi2020

 

No comments:

JURUS JITU LULUS ASESMEN NASIONAL

Obrolan Merdeka Belajar. 3 November 2020. Bagaimana Seharusnya Guru dan Kepala Sekolah Menyikapi AN? Banyak pelajaran yang saya dapatkan k...